Membongkar Dunia God of War: Fakta, Mitos, dan Warisan

 


Referensi Mitologi

    God of War secara langsung terinspirasi dari mitologi Yunani, namun disesuaikan untuk menciptakan dunia fiksi yang gelap dan penuh kekerasan.

Elemen Mitologi yang Diadaptasi:

  • Kratos: Dalam mitologi asli, Kratos adalah dewa minor personifikasi kekuatan. Game menjadikannya karakter orisinal yang mengambil nama tersebut sebagai simbol kekuatan brutal.
  • Ares: Dewa perang Yunani yang dalam game menjadi antagonis utama.
  • Athena: Dewa kebijaksanaan, digambarkan sebagai mentor Kratos.
  • Pandora’s Box: Artefak mitologis yang konon menyimpan kejahatan dunia. Dalam game, item ini memiliki kekuatan besar yang menjadi kunci untuk mengalahkan Ares.
  • Hydra, Minotaur, Gorgon (Medusa): Musuh berdasarkan monster dalam mitologi, diadaptasi sebagai bos dan musuh biasa.

Interpretasi Kreatif:

  • Cerita tidak sepenuhnya mengikuti kisah klasik, melainkan menggabungkan mitologi dengan balas dendam pribadi dan moral abu-abu, menjadikannya lebih kompleks dan gelap.

Konten yang Dipotong (Cut Content)

Contoh Konten yang Dihapus:

  • Boss Fight Tambahan: Ada rumor dan bukti file bahwa game awalnya merencanakan pertarungan tambahan melawan dewa-dewa atau monster lain.
  • Level Tambahan di Mount Olympus: Versi awal menyertakan area tambahan yang akhirnya dipotong karena keterbatasan memori PS2.
  • Kemampuan & Senjata Tambahan: Beberapa senjata sihir lain tidak jadi ditambahkan karena tidak seimbang atau tidak sempat disempurnakan.
  • Ending Alternatif: Ada pembahasan internal tentang kemungkinan Kratos tidak menjadi Dewa Perang di akhir game, tapi akhirnya diubah demi kesinambungan ke sekuel.

Jejak Konten:

  • Beberapa konten ini bisa dilihat lewat DVD "Making of God of War" dan kode debug yang digunakan oleh komunitas modder.

Easter Eggs

Referensi Unik & Tersembunyi:

  • Cow Level (Secret Cow Maze): Parodi dari level rahasia Diablo 2, bisa diakses lewat glitch/debug di versi tertentu.
  • Pose Konyol: Menggunakan cheat atau debug mode, Kratos bisa bergaya konyol seperti menari atau berjalan aneh.
  • Karakter Developer: Di beberapa cutscene, karakter latar belakang menyerupai developer Santa Monica.
  • Konsep Karakter Lama: Ada patung-patung atau mural dalam Temple of Pandora yang menggambarkan versi awal desain Kratos.

Tujuan:

  • Memberikan penghargaan kepada pemain yang eksploratif dan memberikan nuansa humor di tengah cerita yang serius.

Warisan Kratos dalam Industri Gaming

Ikon Generasi:

  • Kratos menjadi simbol maskulinitas kelam, pembalasan dendam, dan karakter anti-hero yang kompleks — menginspirasi banyak karakter lain.
  • Sejajar dengan tokoh ikonik seperti Master Chief, Lara Croft, dan Solid Snake.

Dampak pada Dunia Game:

  • God of War dan Kratos memengaruhi cara developer membuat karakter utama:
    • Lebih manusiawi, memiliki trauma dan motivasi personal.
    • Tetap brutal, tapi punya kedalaman narasi.

Penghargaan & Popularitas:

  • Kratos tampil dalam crossover seperti Mortal Kombat (2011) dan PlayStation All-Stars Battle Royale.
  • Di-reboot secara emosional di God of War (2018), menjadikannya tokoh dengan dua era karakterisasi berbeda.
LIHAT JUGA :

                        

Post a Comment

Previous Post Next Post

DAFTAR ISI GAME SESUAI ABJAD