Ketika Mitologi Menjadi Game: Pengaruh Global God of War

 


Review dan Penghargaan

Skor & Pujian:

  • God of War menerima respon luar biasa positif dari kritikus saat dirilis di tahun 2005.
  • Skor rata-rata:

    • Metacritic: 94/100
    • IGN: 9.8/10
    • GameSpot: 9.3/10
    • Eurogamer: 9/10

Poin Pujian Utama:

  • Kombinasi gameplay yang solid dengan narasi mitologis kuat
  • Visual memukau untuk era PS2
  • Musik dan akting suara berkualitas sinematik
  • Sistem pertarungan brutal namun halus (combo system)
  • Desain level dan puzzle yang seimbang

Penghargaan Ternama:

  • Game of the Year (2005) – Academy of Interactive Arts & Sciences
  • Best Action Game – Spike Video Game Awards
  • Outstanding Achievement in Animation & Soundtrack
  • IGN’s Best PS2 Game of 2005
  • Sering dimasukkan ke dalam “Top 100 Games of All Time”

Dampak pada Seri God of War

Pembuka Era Baru:

  • Game ini memulai salah satu franchise PlayStation paling ikonik sepanjang masa.
  • Mempopulerkan Kratos sebagai maskot baru PlayStation era PS2–PS3, menggantikan dominasi karakter seperti Crash dan Jak.

Membangun Lore:

  • Memperkenalkan dunia mitologi Yunani dalam gaya gelap dan dewasa.
  • Menjadi dasar bagi eksplorasi lanjutan di sekuel seperti:

    • God of War II (2007)
    • God of War III (2010)
    • God of War: Ghost of Sparta, Chains of Olympus
    • Reboot mitologi Nordik (God of War 2018)

Ciri Khas yang Terjaga:

  • Sistem pertarungan khas (combo brutal, QTE finishers)
  • Fokus naratif kuat
  • Sinematik berkualitas tinggi
  • Evolusi emosional karakter Kratos dimulai dari game ini

Pengaruh pada Game Sejenis

Genre Action-Adventure:

  • God of War menjadi template baru bagi game aksi berbasis mitologi dan sinematik.

Game yang Terinspirasi:

  • Dante’s Inferno (EA): Mengadopsi struktur pertarungan dan tema neraka.
  • Castlevania: Lords of Shadow: Menggabungkan mitologi dan sistem combo.
  • Darksiders: Mengikuti format level, puzzle, dan sistem upgrade.
  • Bayonetta: Walau lebih cepat, struktur combat dan QTE dipengaruhi oleh GoW.

Standar Baru:

  • Setelah GoW, banyak game action mencoba menggabungkan:

    • Combat + Cinematic Cutscenes + Puzzle + Lore
    • Bahkan game di genre lain (seperti Tomb Raider Reboot atau Star Wars Jedi: Fallen Order) banyak mengambil elemen struktur naratif sinematik dan eksplorasi dari fondasi GoW.
LIHAT JUGA :

                        

Post a Comment

Previous Post Next Post

DAFTAR ISI GAME SESUAI ABJAD