Apakah Resident Evil Zero Layak Disebut Sebagai Titik Balik dalam Evolusi Seri RE?

 


1. Review dan Tanggapan Pemain

Saat dirilis pertama kali pada tahun 2002 untuk Nintendo GameCube, Resident Evil Zero mendapat tanggapan beragam namun cenderung positif. Kritik dan pujian banyak difokuskan pada aspek teknis dan inovasi gameplay-nya.

Pujian:

  • Visual luar biasa: Pre-rendered backgrounds dan pencahayaan sangat dipuji karena menciptakan atmosfer horor yang mendalam.

  • Sistem partner zapping: Dikenal sebagai inovasi yang menyegarkan formula gameplay klasik Resident Evil.

  • Audio dan musik: Efek suara serta soundtrack orkestra menambah ketegangan dan mendalamkan suasana.

Kritik:

  • Manajemen inventori tanpa item box: Beberapa pemain merasa sistem ini terlalu rumit dan memperlambat progres.

  • Kurangnya save room musik ikonik: Fans RE klasik merindukan elemen nostalgia yang lebih kuat.

  • AI partner kadang menyulitkan: Saat bermain solo, karakter lain terkadang melakukan hal yang tidak diinginkan atau malah menjadi beban.

Skor rata-rata di berbagai media:

  • Metacritic: Sekitar 83/100 (GameCube)

  • IGN: 8.0/10

  • GameSpot: 7.9/10


2. Perbandingan dengan Resident Evil Klasik Lainnya

Jika dibandingkan dengan Resident Evil 1, 2, atau 3, Resident Evil Zero dianggap sebagai judul transisimasih mempertahankan akar klasik RE, tetapi juga mencoba membawa pembaruan gameplay.

Aspek    RE Zero        RE Klasik (1, 2, 3)
Sistem Karakter    Dua karakter aktif & bisa diganti        Hanya satu karakter aktif
Item Box    Tidak ada        Ada
Gaya Presentasi    Lebih sinematik & kompleks        Fokus pada survival sederhana
Timeline    Prekuel        Cerita utama
Tantangan Puzzle    Kompleks & berbasis dua karakter        Tradisional

Meskipun gameplay-nya lebih kompleks, sebagian fans lama merasa RE Zero sedikit “terlalu teknikal” dibandingkan ketegangan sederhana dari RE 1 atau RE 2.

3. Pengaruh terhadap Game Resident Evil Selanjutnya

Resident Evil Zero menjadi semacam eksperimen penting dalam pengembangan RE ke arah yang lebih sinematik dan interaktif.

Beberapa pengaruh langsung:

  • Partner system memengaruhi RE5 dan RE6, yang menggunakan co-op sebagai elemen utama.

  • Eksplorasi simultan dan puzzle dua karakter menjadi fondasi untuk desain puzzle modern dalam RE Revelations dan RE Village.

  • Pendekatan storytelling lebih dalam dan fokus pada asal-usul Umbrella serta karakter pendukung.

Namun, Capcom sendiri tidak kembali ke sistem tanpa item box atau zapping karena banyak pemain lebih menyukai sistem klasik dengan box. Maka, RE Zero menjadi satu-satunya judul yang mengusung mekanisme itu secara penuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post

DAFTAR ISI GAME SESUAI ABJAD