1. Evolusi dari Versi Nintendo 64
Awalnya, Resident Evil Zero direncanakan sebagai game eksklusif untuk Nintendo 64. Pada akhir 1990-an, Capcom ingin memanfaatkan kemampuan unik dari cartridge Nintendo 64 untuk menyajikan pengalaman Resident Evil yang cepat dan tanpa loading. Game ini diperkenalkan secara resmi pada tahun 2000 melalui majalah game dan pameran seperti Space World, dengan banyak tangkapan layar awal yang menunjukkan grafik khas era N64.
Namun, keterbatasan ruang penyimpanan pada cartridge (maksimum 64MB) menjadi kendala besar. Sistem partner zapping dan cutscene penuh sulit ditampung, sehingga Capcom memutuskan untuk memindahkan pengembangannya ke Nintendo GameCube. Di platform baru ini, game mendapat peningkatan drastis dalam hal visual, animasi, suara, dan sinematik. Transisi ini juga mengizinkan narasi dan gameplay yang lebih kompleks dan lengkap.
2. Referensi ke Resident Evil Lain
Sebagai prekuel langsung dari Resident Evil 1, Resident Evil Zero dipenuhi dengan referensi ke game-game sebelumnya dalam seri:
-
Enrico Marini, yang memimpin Bravo Team di RE1, muncul dan memperkuat keterkaitan cerita.
-
Rebecca Chambers, tokoh utama RE0, adalah juga karakter pendukung di RE1. Di Zero, kisahnya dikembangkan secara lebih mendalam.
-
James Marcus, antagonis utama RE0, terhubung ke asal usul Umbrella Corporation, yang menjadi fondasi cerita seluruh seri.
-
Lokasi seperti Training Facility dan Ecliptic Express menampilkan simbol dan desain mirip fasilitas Umbrella lainnya, menciptakan benang merah naratif.
-
Beberapa item dan monster juga muncul kembali atau diinspirasi oleh game sebelumnya, seperti Leech Zombie sebagai bentuk variasi baru dari musuh biologis Umbrella.
3. Perubahan dari Rencana Awal
Dalam perjalanannya, Resident Evil Zero mengalami berbagai perubahan dari konsep awalnya:
-
Tokoh utama awalnya hanya Rebecca, namun karakter Billy Coen ditambahkan untuk menciptakan dinamika gameplay yang unik lewat sistem partner zapping.
-
Pada versi N64, tidak ada sistem drop-item (karena terbatasnya memori), namun dalam versi GameCube, item box dihilangkan dan diganti dengan sistem penempatan item di lantai, yang lebih realistis namun menantang.
-
Plot awal sempat lebih fokus pada virus dan militer, namun akhirnya dikembangkan lebih dalam pada eksperimen lintah dan Marcus untuk memperkuat koneksi dengan cerita Umbrella.
-
Beberapa lokasi dan peristiwa (seperti sekuens di hutan) dihapus saat transisi ke GameCube, demi fokus pada lokasi seperti kereta dan laboratorium.